Free Domain


Hati - Hati Lowongan Kerja !!!

Satu kejadian yang menimpa teman saya sendiri, Meskipun nggak sampai pada klimaksnya tapi dia sudah membuang waktunya dengan sia-sia. suatu keadaan yang sulit jika kepepet ingin mencari pekerjaan untuk menyambung hidup di kota metropolitan yang sangat keras ini.

Suatu ketika teman saya mendapatkan telepon dari PT.GRAHA MENI GROUP yang setelah diusut merupakan sebuah perusahaan trading, yang kurang lebih beralamt di PLAZA KUNINGAN, MENARA SELATAN LANTAI 5 itu pada jam setengah 10 malam (dari situ saja sudah aneh, mana ada perusahaan menlpon di luar jam kerja malahn sudah masuk waktu istirahat).

Ketika ditanya sama teman saya kalau perusahaan ini akan menempatkan teman saya di bagian apa, orang dari perusahaan itu menjawab akan dipekerjakan di bagian PUBLIC RELATION (PR)----> Aneh juga neeh, sepengetahuan saya PR tuh mesti lulusan Sarjana dan bukan lulusan SMA (karena kakak sepupu saya lulusan PR).

Dari situ saya curiga dan memberi saran kepada teman saya agar mengurungkan niatnya itu dan mencari pekerjaan yang lebih baik lagi, dan terpikir dalam benak saya untuk mencari profile perusahaan tersebut dan ternyata banyak juga yang merasa dikecewakan oleh perusahaan itu, diantaranya :

- BUANG - BUANG WAKTU
- BELUM DITERIMA KERJA DAN BARU DI INTERVIEW SUDAH LANGSUNG DIMINTA IKUT BRIEFING
- INTERVIEW YANG NGGAK JELAS.

Silahkan cari sendiri di google tentang reputasi perusahaan ini.

Saran saya adalah:

- Jika melamar suatu pekerjaan, silahkan baca dulu deskripsinya dan lihat job yang ditawarkan dalam artian kita mampu atau tidak dalam menjalankan pekerjaan itu nantinya.

- Catat ke perusahaan mana saja kita melamar yang tujuannya untuk mencegah datangnya undangan interview palsu yang datangnya dari perusahaan yang tidak jelas atau perusahaan yang tidak menerima cv kita dari tangan kita sendiri. Kalau ada, langsung saja tolak mentah-mentah.

- Jangan terperdaya dengan jumlah gaji yang sangat mengagumkan. Misalnya lulusan SMA/DIPLOMA bisa mendapatkan gaji sampai 4 - 5 Juta per bulan bahkan 10 Juta perbulan. ITU BOHONG. Selama ini yang saya tahu semua perusahaan jelas/ restaurant pun tidak akan memberikan gaji di atas 2 Juta rupiah perbulan (kecuali di tambah dengan komisi) hanya denganlulusan SMA atau DIPLOMA.

- Jangan percaya jika ada jenjang Gaji. Maksudnya ??
Seperti ini :

Untuk Bulan pertama gaji Rp 1.000.000,- / Bulan
Bulan kedua gaji Rp 1.500.000,- / Bulan
Bulan Ketiga Rp 1.800.000,- / Bulan
Bulan keempat dan seterusnya Rp 2 Juta sampai Rp 4 Juta / Bulan

Sudah jelas itu MLM atau sejenisnya.

- Kalau bisa carilah perusahaan yang tidak menyita Ijazah. Sebab takutnya kalau ijazah ditahan dan kita sudah nggak betah kerja di tempat itu ntar repot nebusnya. mesti pakai duit yang nggak sedikit.

Jangan terlalu percaya sekalipun itu dari Karir.Com, JobStreet.Com, Jobindo.Com (Biasanya paling banyak perusahaan seperti itu), dan sejenisnya.

Semoga tips ini bermanfaat buat semuanya.









Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar